Idul Adha 1438 H, BDN Polda DIY Salurkan Tiga Kambing Ke warga Lereng Merapi

Klaten- Keluarga Besar Bharaduta D'Pandiga Nusantara (BDN) Polda DIY yang beranggotakan para Bintara liting tahun 2003 Gelombang II Polda DIY kembali mengadakan bakti sosial. Baksos kali ini digelar BDN Polda DIY dengan menyalurkan tiga ekor kambing kurban ke Dusun Girpasang, Desa Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu (02/09/2017).

Sebanyak 15 anggota perwakilan BDN mengantar langsung kambing-kambing yang akan dijadikan kurban tersebut. Tidak mudah untuk mencapai lokasi baksos. Para anggota BDN Polda DIY ini harus dengan berjalan kaki menempuh jarak sekitar 5 km. Sesampainya di lokasi, kambing kurban ini langsung diserahkan kepada pengurus musola setempat untuk kemudian disembelih dan dagingnya segera dibagikan kepada warga.

Ketua BDN Polda DIY, Bripka Jaka Purwaka,SH menjelaskan penyaluran ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Idul Adha serta bhakti sosial yang dilakukan para anggota. Kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahun dengan menyasar lokasi-lokasi terpencil baik di wilayah DIY maupun Jateng.

Dipilihnya Dusun Girpasang sebagai tempat penyaluran hewan kurban, karena wilayah yang berada sekitar 4 km dari puncak Gunung Merapi tersebut termasuk daerah yang terisolir. Saat Idul Adha bahkan warga dusun ini jarang mendapat distribusi hewan maupun daging kurban.

“Di tempat ini kami ingin berbagi dan merayakan Idul Adha bersama warga. Selain berkurban, tujuan kegiatan ini yakni untuk meringankan beban dan mendekatkan kepada masyarakat sebagai insan Bhayangkara,” jelas Jaka Purwaka.

Diungkapkannya, untuk menuju Dusun Girpasang memang tidaklah mudah. Medannya yang mendaki dengan kiri kanan jurang memaksa mobil maupun motor tak bisa sampai ke lokasi, sehingga para anggota harus berjalan kaki menuntun kambing-kambing kurban untuk bisa sampai ke Dusun Girpasang.

Sebanyak 15 anggota yang terlibat dalam kegiatan ini juga melakukan sendiri proses penyembelihan hingga pendistribusian kepada warga. Para Bintara Polwan turut dilibatkan bersama ibu-ibu warga Dusun Girpasang untuk membagi daging-daging kurban dalam bentuk paket.

Jaka Purwaka menjelaskan dua ekor kambing kurban yang diserahkan kali ini merupakan hasil iuran yang terkumpul dari para anggota BDN, sedangkan satu ekor lainnya berasal dari seorang donatur. Ia berharap kegiatan ini dapat memotivasi para anggota BDN untuk lebih meningkatkan ibadah masing-masing individu serta memupuk kepekaan terhadap sesama.

Sementara itu Kepala Dusun Girpasang, Yosorejo mengaku sangat beryukur karena warganya masih mendapat perhatian dalam perayaan Idul Adha kali ini. Selama ini warga Girpasang yang mayoritas bekerja sebagai petani ini tak pernah ada yang mampu berkurban dan hanya mengandalkan kiriman distribusi daging kurban dari dusun lain di Desa Kemalang.

“Terkadang malah tidak dapat sama sekali daging kurban. Namun hal tersebut tak menyurutkan warga kami untuk merayakan Idul Adha,” ungkap Yosorejo.

0 Response to "Idul Adha 1438 H, BDN Polda DIY Salurkan Tiga Kambing Ke warga Lereng Merapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel